, 19 December 2017
RETIREPRENEUR TRAINING MODULE

Modul Retirepreneur diperuntukkan bagi kebutuhan kaum lansia untuk bisa memiliki penghasilan sendiri, dan tidak bergantung pada belas kasihan orang lain, termasuk anak sekali pun. Ini juga sekaligus untuk mengakomodasikan kebutuhan purnabhakti untuk terus aktif secara profesional.

Di modul ini, peserta pertama sekali diajak untuk melakukan 'paradigm shift', yaitu menggeser paradigma yang tadinya berbasis pemikiran seorang karyawan, menjadi pemikiran seorang usahawan mandiri. Setelah itu, beberapa sesi penting yang dilalui oleh peserta antara lain adalah pengenalan kuadran ESBI (Employee, Self Employed, Business Owner dan Investor) versi Robert Kiyosaki dan di mana seharusnya ybs berada. Menggali passion, serta mengenal berbagai instrumen investasi yang cocok dengan kehidupan seorang purnabhakti.

Seperti diketahui, Robert Kiyosaki selalu menganjurkan pada pengusaha pemula untuk merubah posisi diri yang tadinya seorang karyawan atau pekerja mandiri (kuadran E dan S) menjadi seorang pemilik usaha dan/atau investor (kuadran B dan/atau I). Sehingga mereka yg tadinya bergantung pada penghasilan aktif, berganti menjadi penghasilan pasif.

Pada modul RetireVision-100, sesuai dengan kondisi yang bersangkutan, peserta dianjurkan untuk berkiprah di kuadran bawah (S dan/atau I), sehingga sebagai pensiunan mereka tetap dapat mencari penghasilan tanpa terlalu banyak membebani mental dengan segala bentuk stres dalam dunia usaha yang baru saja dimulai.

Bagi pensiunan yang belum pernah berbisnis, tidak direkommendasikan untuk berwirausaha di sebuah bisnis yang baru dimulai dari nol. Karena di sana terlalu tinggi intensitas stresnya yang datang dari pusingnya urusan utang-piutang, menjaga pelayanan yang prima, mengejar deadline, mengelola karyawan dan lain sebagainya.

Di lain pihak, untuk memenuhi kebutuhan ybs untuk tetap aktif secara fisik, maka pensiunan dianjurkan untuk mengambil posisi di kuadran S (self-employed). Dengan syarat -- untuk meminimalisasi stres -- seyogyanya ybs berkiprah sebagai figur yang berkedudukan mental lebih tinggi dari kliennya. Contoh: menjadi konsultan, trainer, pembicara publik, coach dan lain sebagainya.


Kembali ke Beranda