, 21 November 2017
MASALAH SPESIFIK YANG MENIMPA LANSIA

Apa saja sih permasalahan yang umumnya dialami oleh kaum lanjut usia? Ada 3 kategori besar permasalahan, yaitu:

1. Masalah Keuangan: Pensiunan tidak lagi memperoleh gaji. Padahal, mereka tetap perlu makan, tetap perlu pakaian dan kebutuhan-kebutuhan lain sebagaimana wajarnya manusia hidup pada umumnya. Kalau Anda seorang PNS, Anda beruntung karena akan mendapatkan sejumlah uang pensiun setiap bulan, walau pun jumlahnya tidak terlalu besar. Problemnya, untuk bisa hidup berkecukupan sebagaimana sebelumnya, pensiunan perlu mempunyai penghasilan yang memadai, setidaknya sama atau hampir sama dengan penghasilan saat masih aktif bekerja.

Tidak jarang, seorang pensiunan tidak lagi mempunyai penghasilan apa pun, alias nihil. Bagi mereka yang masih memiliki tanggungan, misalnya anak yang masih perlu dibiayai, tentu keadaan tersebut bisa mendatangkan stres berkepanjangan.

2. Masalah Mental Psikologis. Dalam menjalani masa pensiun, seorang karyawan punabhakti akan mengalami perubahan suasana dalam hidupnya. Yang tadinya dihormati banyak orang karena memangku sebuah jabatan, sekarang tidak lagi. Yang tadinya memiliki aktivitas rutin setiap sehari, sekarang juga tidak ada lagi. Kehilangan jabatan dan aktivitas rutin ini, akan mengakibatkan yang bersangkutan merasa kehilangan harga diri. Seakan-akan dirinya sudah tidak mampu berkontribusi dan berubah menjadi seorang pengangguran.

Karena harus tinggal di rumah, purnabhakti jadi merasa kesepian, karena sudah tidak ada lagi kontak-kontak profesional yang menghubunginya dalam hal pekerjaan. Sementara itu, biasanya, anak-anak pun sudah bekerja atau berkeluarga sendiri-sendiri. Alhasil, jadilah sang pensiunan ini menderita kesepian yang cukup parah. Nah, semua hal itu pada akhirnya akan mengakibatkan seorang pensiunan mengalami stres bahkan depresi yang kalau tidak diantisipasi dengan baik, akan semakin berakibat buruk.

3. Masalah fisiologis. Sebagai pensiunan, tentu yang bersangkutan tidak lagi muda. Usia sudah mencapai titik di mana gangguan kesehatan mulai mucul dalam berbagai gejala. Encok, kencing manis, gangguan jantung, osteoporosis, dan gejala pikun atau demensia, adalah gejala-gejala yang umum kita temui dalam perjalanan hidup seorang pensiunan atau lansia. Peristiwa pensiun yang membawa efek mental psikologis sebagaimana dibahas sebelumnya, akan memperparah keadaan, karena tekanan mental bisa berubah menjadi gejala psikosomatis. Penyakit dan gangguan kesehatan yang sudah eksis sebelumnya, menjadi semakin berat, bahkan pada peristiwa yang ekstrim, seorang pensiunan bisa mengalami kematian dini. Peristiwa semacam ini disebut dengan 'Retirement Shock' (Syok Pensiunan).


Kembali ke Beranda